Iklan

Tarkam Fun Run 5 K Bupati Toba: Perkuat Persaudaraan

Minggu, 11 Agustus 2024, Agustus 11, 2024 WIB Last Updated 2024-08-11T14:01:56Z

 

Toba,Buserfaktapendidikan.com

Pemerintah Kabupaten Toba, Provinsi Sumatera Utara menggelar sejumlah olah raga  Turnamen Tarkam (Antar Kampung) salah satunya adalah Fun Run 5 K yang dilaksanakan pada Minggu (11/8/2024). Event ini sekaligus menyambut Hari Ulang Tahun ke-79 Kemerdekaan Republik  Indonesia Tingkat Kabupaten Toba.


Fun Run 5 K yang diikuti 1.400 lebih peserta start dari halaman kantor bupati yang dilepas langsung oleh Bupati Toba, Poltak Sitorus dan finish di Venue F1H2O Lapangan Sisingamangaraja XII,Balige.


Diketahui Kabupaten Toba merupakan salah satu tuan rumah Kejuaraan Tarkam yang diinisiasi Kementerian Pemuda dan Olahraga dari 100 Kabupaten/Kota se -Indonesia  tahun 2024.


Ada 4 cabang olahraga yang akan dipertandingkan yaitu  bola voli,fun run 5 K,senam , dan tenis meja .


Pertandingan yang memperebutkan hadiah ,trophy, dan sertifikat dari Kementerian Pemuda dan Olahraga ini akan berlangsung  4 hari dimulai seremoni pembukaan dengan Fun Run 5 K .Dilanjutkan pertandingan cabor lainnya  pada tanggal 15-17 Agustus 2024.


Fun Run 5 K terbagi dalam 4 kategori yakni kategori di bawah usia 50 tahun untuk putra dan putri serta kategori di atas 50 tahun untuk putra dan putri. 


Untuk kategori putra di bawah 50 tahun dimenangkan oleh Ivan Farel Manurung dengan catatan waktu 17 menit 11 detik, disusul oleh Davit Maluddin Siahaan diperingkat dua dan Dedi Gunawan Rumapea diperingkat tiga. Sementara juara pertama kategori putri di bawah 50 tahun diraih oleh Olivyana Butarbutar dengan catatan waktu 23 menit 31 detik, juara dua diraih oleh Sutra N. Simangunsong dengan catatan waktu 25 menit dan juara tiga diraih oleh Oktavia G. Sibarani dengan catatan waktu 25 menit 35 detik. 


Untuk kategori putri di atas 50 tahun dimenangkan oleh Sabar Renita Tampubolon dengan catatan waktu 44 menit 21 detik, juara dua diraih oleh Martina Tampubolon dengan catatan waktu 44 menit 37 detik dan juara tiga diraih oleh Majini dengan catatan waktu 50 menit 33 detik. Sayangnya kategori putra di atas 50 tahun hanya satu peserta yang mampu mencapai finish, yakni Apriadi dengan catatan waktu 38 menit 19 detik. Sejumlah peserta tidak mampu menuntaskan lari dan harus terhenti di tengah jalan. 


Setelah semua peserta dinyatakan mencapai garis finish, selanjutnya panitia mengalungkan medali kepada para juara yang diserahkan langsung oleh Bupati Toba, Poltak Sitorus. 

Nantinya para pemenang akan mendapat hadiah berupa medali, sertifikat.Selanjutnya ada  uang pembinaan dari Kemenpora yang akan ditransfer langsung ke rekening pemenang. 


Usai penyerahan medali bagi para pemenang, Bupati Toba mengapresiasi seluruh peserta yang mampu mencapai garis finish. 


"Kami atas nama Pemerintah Kabupaten Toba mengucapkan selamat kepada adik-adik kami dan Bapak-Ibu yang mencapai finish, dan terkhusus kepada yang juara," katanya. 

"Kami berharap kegiatan olah raga ini bisa terus kita laksanakan untuk menyehatkan kita. Kita juga berharap prestasi ini bisa terus memotivasi untuk terus berprestasi," lanjutnya. 


Dirinya berpesan, selain untuk menyehatkan tubuh, kegiatan tersebut juga bertujuan untuk mempererat persaudaraan dan keakraban sesama peserta dari seluruh daerah Kabupaten Toba


"Lewat kegiatan ini mari kita bangun keakraban, persaudaraan, saling peduli satu dengan yang lain. Tujuan dari Turnamen Antar Kampung ini adalah supaya persaudaraan kita semakin kuat, kerjasama dan kepedulian kita satu dengan yang lain semakin kuat. Dan selamat menjelang hari kemerdekaan 17 Agustus 1945," katanya mengakhiri. (MC Toba )

Komentar

Tampilkan

  • Tarkam Fun Run 5 K Bupati Toba: Perkuat Persaudaraan
  • 0

Terkini