Iklan

PENGUNDIAN NOMOR PASANGAN CALON BUPATI DAN WAKIL BUPATI KABUPATEN MESUJI SERTA DEKLARASI KAMPANYE DAMAI PADA PEMILIHAN SERENTAK TAHUN 2024.

Sabtu, 28 September 2024, September 28, 2024 WIB Last Updated 2024-09-28T07:59:56Z

 


Mesuji,Buserfaktapendidikan.com

 Berdasarkan Ketentuan Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 10 Tahun 2024 Tentang Perubahan atas PKPU Nomor 8 Tahun 2024 tentang Pencalonan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota, Pasal 120  KPU Kabupaten Mesuji melaksanakan rapat pleno tertutup untuk menetapkan Pasangan Calon yang telah memenuhi syarat.



Rapat Pleno tersebut ditetapkan pada Berita Acara Nomor 1254/PL.02.3-BA/1811/2024 tentang Penetapan Pasangan Calon Peserta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Mesuji Tahun 2024 yang menetapkan ke 4 (empat) Bakal Pasangan Calon menjadi Pasangan Calon. Selanjutnya 

berpedoman pada Pasal 121 PKPU yang sama, KPU Kabupaten Mesuji melaksanakan pengundian nomor urut Pasangan Calon dalam rapat pleno terbuka.



Pengundian nomor urut pasangan calon merupakan tahapan yang penting dalam pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Mesuji. 


Acara ini akan menjadi sorotan masyarakat, karena nomor urut yang diperoleh masing-masing pasangan calon akan menjadi simbol dan identitas selama masa kampanye.

Pengundian nomor urut ini diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mesuji dengan penuh transparansi dengan mengikuti Standar.


Pelaksanaan Operasional Pengundian Nomor Urut sesuai dengan Surat Dinas KPU RI Nomor : 2045/PL.02.2-SD/06/2024 tanggal 11 September 2024. Kegiatan di ikuti oleh 4 Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati yang membawa masing - masing 36 orang pendukung dengan diberikan nametag sebagai akses masuk ke lokasi pengundian nomor urut pasangan calon. Rapat pleno terbuka pengundian nomor urut dan penetapan nomor urut dipimpin langsung oleh Ketua KPU Kabupaten Mesuji, Bapak Ali Yasir, S.T.


Kegiatan dimulai dengan membacakan tata tertib dan mekanisme pengambilan nomor urut. Selanjutnya Calon Wakil Bupati mengambil nomor antrian dengan mengambil 1 bola antrian sesuai dengan waktu pendaftaran calon. Bola dibungkus rapi dan tertutup yang berisi nomor antrian 1 s.d 14 dan pengambilan bola diurutkan dari angka paling kecil sampai dengan angka yang paling besar. 


Setelah seluruh Calon Wakil Bupati telah mengambil bola antrian, kemudian bola antrian dibuka secara bersamaan dan ditunjukan kepada KPU Kabupaten Mesuji, Peserta Kegiatan dan Media. Calon Wakil Bupati yang mendapatkan nomor antrian terkecil diberikan kesempatan pertama untuk mengambil nomor urut pasangan calon. Dalam pelaksanaan pengambilan nomor antrian hasilnya adalah :

1. Hj. Elfianah, S.E. dan M. Yugi Wicaksono, S.M.  mendapatkan nomor antrian nomor 8

2. Syamsudin S.Sos., dan A.Yulivan Nurullah, S.T., M.M mendapatkan nomor antrian nomor 2

3. Hi.Suprapto, S.Psi., M.H. dan Fuad Amrulloh, S.E. mendapatkan nomor antrian nomor 13

4. Hi. Edi Ashari, S.E. dan Tri Isyani, S.E.I. mendapatkan nomor antrian nomor 12

Berdasarkan pengambilan nomor antrian tersebut sehingga urutan pengambilan nomor urut pasangan calon adalah sebagai berikut :

1. Syamsudin S.Sos., dan A.Yulivan Nurullah, S.T., M.M 

2. Hj. Elfianah, S.E. dan M. Yugi Wicaksono, S.M. 

3. Hi. Edi Ashari, S.E. dan Tri Isyani, S.E.I.  

4. Hi.Suprapto, S.Psi., M.H. dan Fuad Amrulloh, S.E. 

Calon Bupati didampingi Calon Wakil Bupati dengan nomor antrian diatas melakukan pengambilan nomor urut secara bergiliran. Setelah semua pasangan Calon mengambil nomor urut maka nomor urut dibukan secara bersamaan dan ditunjukan kepada KPU Kabupaten Mesuji, Peserta Kegiatan dan Media. Selanjutnya Ketua KPU Kabupaten Mesuji membacakan nomor urut yang diperoleh Pasangan Calon dengan urutan sebagai berikut  :

1. Syamsudin S.Sos. dan A.Yulivan Nurullah, S.T., M.M

2. Hj. Elfianah, S.E. dan M. Yugi Wicaksono, S.M. 

3. Hi. Edi Ashari, S.E. dan Tri Isyani, S.E.I

4. Hi.Suprapto, S.Psi., M.H. dan Fuad Amrulloh, S.E.

Hasil pengundian nomor urut pasangan calon dituangkan ke dalam Berita Acara Nomor 1255/PL.02.3-BA/1811/2024 tentang Penetapan Nomor Urut Pasangan Calon Peserta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Mesuji Tahun 2024 dan ditetapkan dalam Keputusan KPU Mesuji Nomor 1203 Tahun 2024 tentang Penetapan Nomor Urut Pasangan Calon Peserta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Mesuji Tahun 2024, kemudian dibacakan oleh Ketua KPU Kabupaten Mesuji dan Salinan Keputusan tersebut diserahkan kepada Pasangan Calon beserta dengan Plakat Nomor Urut Pasangan Calon.


Setelah dilaksanakan kegiatan pengundian nomor urut Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Mesuji, dilanjutkan dengan kegiatan Deklarasi Kampanye Damai sesuai dengan Surat Dinas Ketua KPU Nomor 2099/PL.02.4-SD/06/2024 tanggal 17 September 2024.


Adapun Naskah Deklarasi Damai adalah sebagai berikut :

Kami, Calon Bupati  dan Wakil Bupati, Partai Politik Pengusul beserta Tim Kampanye dan para Pendukung berjanji :

1. Mewujudkan Pemilihan yang Langsung, Umum, Bebas, Rahasia, Jujur dan Adil.

2. Melaksanakan Kampanye Pemilihan yang Aman, Tertib dan Damai, Berintegritas, Tanpa Hoax, Tanpa Politisasi SARA dan Tanpa Politik Uang.

3. Melaksanakan Kampanye Pemilihan  berdasarkan  peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Penandatangan Deklarasi Kampanye Damai di bacakan secara bersamaan dan ditandatangani oleh :

1. Pasangan Calon Nomor Urut 1 Syamsudin S.Sos. dan A.Yulivan Nurullah, S.T., M.M

2. Pasangan Calon Nomor Urut 2 Hj. Elfianah, S.E. dan M. Yugi Wicaksono, S.M. 

3. Pasangan Calon Nomor Urut 3 Hi. Edi Ashari, S.E. dan Tri Isyani, S.E.I

4. Pasangan Calon Nomor Urut 4 Hi.Suprapto, S.Psi., M.H. dan Fuad Amrulloh, S.E.

5. Ketua KPU Kabupaten Mesuji yang ditandatangani oleh Ali Yasir, S.T Ketua KPU Kabupaten Mesuji

6. Bawaslu Kabupaten Mesuji yang ditandangani oleh Deden Cahyono, S.Sos.I Ketua Bawaslu Kabupaten Mesuji

7. Pemerintah Daerah Kabupaten Mesuji yang ditandatangani oleh M. Taufiq Widodo, S.I.P, M.I.P Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Mesuji

8. DPRD Kabupaten Mesuji yang ditandatangani oleh Azhar Hadiyatullah Ketua DPRD Sementara Kabupaten Mesuji

9. Kejaksaan Negeri Kabupaten Mesuji yang ditandatangani oleh Sefran Haryadi S.H., M.H Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Mesuji

10. Polres Kabupaten Mesuji yang ditandatangani oleh AKBP Muhammad Harris, S.H., S.I.K., M.I.K Kepala Kepolisian Resor Mesuji

11. Dandim 0426/Tulang Bawang yang ditandatangani oleh Mayor Inf Sutoto Danramil 01/SP


Deklarasi Kampanye Damai adalah langkah strategis untuk mewujudkan pemilihan yang damai, adil, dan berkualitas. Dengan adanya komitmen dari seluruh peserta pemilihan serta dukungan penuh dari Forkopimda dan masyarakat, diharapkan Pemilihan Serentak Tahun 2024 akan menjadi ajang demokrasi yang membawa kemajuan bagi bangsa Indonesia. (ADV)

Komentar

Tampilkan

  • PENGUNDIAN NOMOR PASANGAN CALON BUPATI DAN WAKIL BUPATI KABUPATEN MESUJI SERTA DEKLARASI KAMPANYE DAMAI PADA PEMILIHAN SERENTAK TAHUN 2024.
  • 0

Terkini